Tuesday, April 29, 2014

Efek buku "MODEL MANUSIA MUSLIM ABAD XXI"


Malam ini, tak seperti biasanya. Aku harus bertahan di rumah karena sakit. Yang kurasa begitu berat untuk sekedar keluar rumah; badan sempoyongan, kepala nyut-nyutan. akhirnya kuliahpun diliburkan -tetep ijin, bukan bolos-. Nah, ada yang lebih luar biasa, sebab gak seperti biasanya aku mampu “bertahan” membaca dalam kondisi seperti ini. Dan memang sebaiknya istirahat.

Namun, kau tau apa yang luar biasa itu? ini, di tanganku ada buku MODEL MANUSIA MUSLIM ABAD XXI yang di tulis oleh ustad Anis Matta, Lc. Buku ini secara sadar telah “menyihirku”, sebab bersamanya aku makin kuat, bertahan membaca hingga detik ini, 09.45 pm. Ya, meski dengan tetap nyut-nyutan di kepala.

Buku ini benar-benar sanggup membuka pikiranku, menuntunnya menjadi seorang yang -seolah- hebat. Dan, memang kehebatan itu bisa di usahakan. Seperti yang tertulis di halaman 69; “Untuk menjadi seorang pemikir,” tulis Beliau, “musuh yang paling besar adalah banyak bicara, tidak suka mendengar orang lain,tidak mempunyai daya serap yang baik, daya ingat yang rendah, dan tidak mampu menganalisis.”

Sontak, ini membuatku tak sanggup menahan untuk membiarkan laptopku terdiam. Ya, segera kutulis! Sebagian aku share ke halaman FB. Dan makin tercengang pula saat kubaca di halaman 114, “Jika Anda lelah membaca buku sejarah setelah satu jam, jangan pergi tidur. Tutup buku sejarah itu -Anda menutup sel otak sejarah- kemudian bukalah buku kesenian, sastra atau puisi. Itu berarti Anda membuka file sel otak baru dalam diri Anda yang tadinya tidur, tidak bekerja.”

Ya, begitulah, energiku kembali terisi. meski fisik kurang sehat, itu bukan berarti otak harus istirahat.

Nah, tunggu apa lagi? Baca bukunya, buktikan!


No comments: