Monday, December 2, 2013

BUKAN REMAJA, TAPI PEMUDA



Saat sengaja saya mencari referensi tentang siapa sih sebenarnya pemuda itu? adakah perbedaan antara remaja dan pemuda? jika ada apakah benar saya tergolong pemuda? Atau jangan-jangan saya hanya tergolong remaja, bukan pemuda?
Akhirnya, Allah mempertemukan saya dengan buku yang berjudul "Psikologi Pemuda", tepat banget kayaknya, InsyaAllah bisa menjawab pertanyaan saya.
Begini, dalam buku itu dijelaskan bahwa, ternyata pemuda bukanlah remaja? Pemuda tak lagi remaja. Lalu apa bedanya antara pemuda dan remaja?
"Jadi, remaja dan pemuda itu berbeda," tulis Sirot Fajar, sang penulis buku itu, "Itu sebabnya, Psikolog dari universitas Texas di Dallas, Jon W. Santrock, dalam bukunya Life-Span Development membedakan antara remaja dan pemuda. Remaja merupakan transisi antara anak-anak dan masa dewasa dan pemuda merupakan masa dewasa awal."
Lebih lanjut beliau menyimpulkan pendapat pakar Psikolog Kenneth Kenniston, bahwa remaja adalah usaah untuk mendefisinikan dirinya, dan pemuda ialah adanya perjuangan antara membangun pribadi yang mandiri dan terlihat secara sosial.
mudeng? apa makin puyeng?
Begini lho, ibarat mau membangun rumah, kita kan harus memilih jenis rumah yang mau kita buat. Mulai dari bentuknya, ciri-cirinya, konsepnya dan tetek bengek lainnya. yang jelas inilah masa pencarian jenis rumah seperti apakah yang mau dibangun. Nah, masa-masa inilah disebut masa remaja; pencarian jati diri, mau kemana saya melangkah.
Dan pemuda adalah ibarat saat kita sudah nentuin jenis rumah yang mau dibangun, katakan saja jenis rumah minimalis, tidak terlalu luas tapi menyenangkan, model bangunannnya dengan desain yang mutakhir, dan lain-lain. maka saat ini kita mulai membangun rumah seperti yang kita tentuin jenisnya tadi. Maka awal-awal pembangunan inilah yang disebut masa pemuda. Disaat inilah manusia mulai mandiri memenuhi apa saja yang diperlukan dalam tahap pembangunan. Maka disisnilah manusia mulai mandiri secara sosial dan ekonomi.
Saat terbiasa dengan pembangunan diri, pemuda akan mulai terlibat dalam ranah sosial. ia akan muncul dan terlihat dalam lingkup sosial. Jika saat remaja ia tak pernah gotong royong, maka saat menjadi pemuda ia lebih menyadari untuk ikut serta dalam hal itu. Mengapa demikian? Karena pemuda mulai punya keputusan yang mandiri, punya kesadaran sosial. Beda dengan remaja, disuruhpun terkadang susah untuk berpatisipasi dalam sosial, sebab memang dia belum punya keputusan sendiri, belum sepenuhnya menyadari bahwa ia bagian dari lingkup sosial. Maka termasuk manakah Engkau, remaja atau pemuda?

1 comment: