Wednesday, June 11, 2014

Kembangkan Potensi Dengan Berorganisasi


Irpan Ilmi, Mahasiswa UIN Sunan Ampel yang sekaligus penulis buku Antopologh Puisi dan Artikel, dalam salah satu tulisannya pernah membahas, ‘buat apa kita berorganisasi jika tidak mendapat manfaat darinya?’ lalu beliau jelaskan hal yang sepatutnya kita pahami, yaitu grup, komunitas dan organisasi. Lantas apa perbedaan dari ketiganya?
Secara sederhana, tulis beliau, dalam KBBI  grup diartikan kelompok, komuntitas diartikan kelompok organisme (orang dsb) yang hidup dan saling berinteraksi di dalam daerah tertentu, dan organisasi diartikan kesatuan (susunan dsb) yang terdiri atas bagian-bagian (orang dsb) dalam perkumpulan dan sebagainya untuk tujuan tertentu.
Hal yang paling menonjol dalam organisasi adalah AD / ART. AD / ART berfungsi sebagai dasar dan peraturan yang mengikat seseorang kelompok diberbagai program yang dikerjakan.
Dalam hal ini saya meyakini bahwa organisasi adalah wadah pengembangan potensi, terutama organisasi yang motor penggeraknya adalah mahasiswa, yang mereka  kebanyakan adalah pemuda, maka potensi yang luar biasa akan bermunculan dan saling melengkapi, saling bersinergi bahkan saling bersaing sehat. Hal inilah yang akan semakin memantik naluri proses pembelajaran yang hebat, yang akan memancing dan mendorong kita untuk terus belajar tentang banyak hal, tentunya dengan senang hati dan bukan di/terpaksa.
Karena begitu banyaknya problem kehidupan, untuk melakukan perubahannya nampaknya kurang efektif jika dilakukan sendirian. Oleh karena itu dalam berorganisasi inilah kita bisa bersatu padu dalam tujuan yang sama. Secara pribadi saya merasakan bahwa dalam berorganisasi akan meningkatkan kemampuan banyak hal; mulai berbicara, membuat konsep, bahkan berfikir kritis ataupun mengungkpakan ide.
Dalam berfikir dan bertindak,  orang perlu partner yang bisa diajak untuk berdiskusi dan saling mengoreksi. Sekarang tunggu apalagi, waktu akan terus melaju. Segeralah berkolaborasi, gali dan tingkatkan potensi diri dengan berorganisasi. Organisasi adalah sebuah wadah, maka carilah wadah yang tepat untuk dirimu.
Semoga bermanfaat.

* Oleh : Ahmad Zailani, Kader KAMMI Sunan Ampel Surabaya

No comments: